Naskah Stand Up Comedy Tema Korupsi



Naskah Stand Up Komedy Tema Korupsi - Korupsi tak pernah habis untuk dibicarakan. Mulai era orde baru jamannya rezim Pak Harto, BJ Habibie, Megawati, Gus Dur, SBY sampai presiden Jokowi, yang namanya KKN (korupsi-kolusi-nepotime) selalu jadi trending topic. Blog kesayangan kita inipun udah sering melempar humor / joke sindiran untuk para politisi. Contohnya bisa Anda baca artikel ini: Kata-Kata Sindiran Lucu untuk Politisi atau lebih lengkap di: Humor Politik

Kali ini saya akan kembali menulis contoh teks humor sindiran politik tentang koruptor dalam format humor monolog stand up comedy. Mungkin guyonannya agak satir dan kurang lucu. Maklum, politik emang tema humor yang agak berat. Perlu sedikit mikir untuk mengerti maksudnya. Beda sama humor dewasa yang gampang sekali dicerna oleh otak...... ngeres!

Ini dia contoh teks naskah stand up comedy: humor monolog tema koruptor:
 
Selamat malam para korban...
Perkenalkan... inisial nama saya adalah A-U.
Singkatan dari A-Uah..., gelap!!
:-)
Profesi saya adalah politisi
Saya sempat jadi anggota DPR yang kata orang singkatan dari Duduk... Paraf... Rupiah..
Itu mah plesetan akronim lama yang udah basi... Bagi saya DPR itu Dollar Pun Rapopo....
:-)
Tugas saya adalah menampung ASPIRASI: Asyiknya piara banyak istri...
:-)
Saya pernah jadi MENTERI: menterengtenarbikin iri
Itulah kenapa orang ngiri sama saya. Bahkan mereka nuduh saya korupsi... Padahal saya nggak suka yang namanya korupsi: korban rupiah sana sini... Saya lebih suka darupsi: dapat rupiah sana sini....
:-)
Dulu saya pernah sumpah... Kalau serupiah saja saya korupsi...., gantung saya di Monas! Eh..., orang pada ngetawain. Termasuk kamu juga kan? 
Iya.... kamu......
:-)
Justru yang ketawa itu sungguh bego! Karena serupiahpun saya tak pernah korupsi. Kalo darupsi milliaran rupiah sih udah pasti!!
:-)
Makanya kalau saya sekarang di penjara dengan tuduhan korupsi itu sungguh menggelikan.
Sama kayak lembaga pemerintah bernama KPK.
Harusnya diganti dengan KPD: Komisi Pemberantasan Darupsi.
:-)
Bener nggak? Ngapain pejabat yang rela korban rupiah sana sini justru diberantas?
Justru harusnya jadi proyek percontohan agar para pejabat rela berkorban untuk rakyat.
Tapi maaf... Saya bukan golongan pejabat yang suka korupsi.
Takut digantung beneran di Monas...
:-)
Enakan jadi daruptor...
Sebab hukuman kasus darupsi lebih ringan... seringan maling ayam
Ini perbandingan masa hukuman bagi koruptor... maling ayam.... sama daruptor
???
Maling ayam dihukum 8 tahun pas.... Potong remisi sana sini jadi 4 tahun pas
Dendanya babak belur dihakimi massa... Gak balance ama hasil kejahatannya
???
Koruptor terancam digantung di monas, sesuai dengan ide saya dulu.
Ancaman dendanya... dimiskinkan sampai 7 turunan!! Tapi dengan catatan...  Nunggu sampai ada jaminan di akherat juga tersedia kursi yang lebih basah...
:-)
Hukuman untuk koruptor saat ini 8 tahun lebih 1 hari... Potong remisi sana sini paling tinggal 4 tahun lebih sehari
Denda saat ini tergantung hakim tipikor: harap kirim tip jika tak pingin tekor
???
Sedang daruptor seperti saya divonis 8 tahun kurang sehari......potong remisi sana sini paling tinggal 4 tahunan kurang sehari.Lebih ringan 2 hari dibanding koruptor. Lebih ringan sehari daripada maling ayam...
Dendanya  juga ringan cuma 300 jutaan. Dibanding hasil darupsi yang nilainya 116,525 milliar rupiah plus 5,261 juta dollar AS, duit segitu mah saya anggap upil...
:-)
Iya kan? Daripada bikin hidung mentereng saya gatel, mending saya buang...
Anggap aja saya korupsi: korban rupiah sidikit....
:-)
Tunggu dulu....
???
Barusan saya keceplosan bilang kalau saya korupsi ya?
Berarti saya beneran mau digantung di monas?
:-)
Oke... oke..., tenang dulu...
Saya adalah tipe orang yang memegang teguh pada kata-kata. Bagi saya... Mulutku adalah harimauku... Jadi saya tetap akan menepati janji!
:-()
Karena saya terbukti korupsi... Silahkan gantung saya di monas!!
Tapi dengan satu syarat...
Monasnya dalam bentuk miniatur skala 1000 : 1
:-()
Oke, saya A-Uah gelap
Terima kasih Selamat Bermuntah Ria....!!
:-()
Keterangan:
Tanda ekspresi :-) artinya: silahkan ketawa
Tanda ekspresi ??? artinya: silahkan mikir
Tanda ekspresi :-() artinya: silahkan muntah

Contoh teks stand up comedy satir politik tema korupsi tadi adalah kerangka garis besarnya aja. Jika ingin membawakan dalam durasi lebih panjang, silahkan ditambah improvisasi sendiri. Garis besar di atas boleh dijadikan sebagai punchline.

Cie... gayanya kayak tutor paling pengalaman aja. Padahal sekalipun belum pernah open mic hihihi... Tak apalah, buat perbandingan antara naskah stand up comedy karya comic tenar macam Raditya Dika vs comic ngaco seperti saya. Kalo soal kelucuan udah pasti Raditya menang. Tapi dari segi kengawuran.... saya adalah jagonya... wakaka...
 
Mau liat contoh teks naskah stand up komedi lain yang lebih koplak bin ngablak lain? Klik aja link ini: Naskah Stand Up Comedy ala Jokowi dan Naskah Stand Up Comedy terbaru 2015. Terima kasih telah nyasar ke Republik Gondes: blog koplak bikin ngakak ini. Semoga tersindir hahaha

2 komentar:

Tolong jangan mengcopy paste isi humor di blog ini ya, kecuali gambar. Kalau gambar / meme silahkan dicomot sepuasnya asal tidak menghilangkan caption (tulisan republikGondes). Pelanggaran akan dilaporkan pada pak camat!