Jumat, 30 September 2016

Jagongan Guyon Tombo Ngantuk



Jagongan Guyon Tombo-Ngantuk – Bacaan wajib bagi wong Jawa yang suka melekan (begadang). Pak satpam, hansip, polisi... ayo guyon biar tahan melek, gak ngantuk saat bertugas. Para maling, begal, kecu juga boleh ikut, biar gak jadi berbuat kejahatan. Kita lewati malam dengan jagongan ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon, bercanda bersama membahas apa aja, pokoke iso mesem ngguyu kanggo tombo ngantuk.


Kali ini jagongannya pake bahasa Jawa. Sudah jadi tradisi, tiap malam warga kampung bergiliran menjaga keamanan di wilayah masing-masing. Settingnya di sebuah pos siskamling di kampung Jawa. Teknik guyonan layaknya naskah skenario drama komedi yaitu percakapan 4 orang lebih. Jadi harap maklum kalo durasi dialognya agak panjang

Saat itu jam 1 dini hari. Tampak Pak RT, Hansip, Paijo dan Jarwo lagi jaga ronda. Kopi, gorengan serta rokok menemani jagongan mereka.

Kamis, 29 September 2016

Meme Baper Pelipur Hati Lara



Meme Baper Pelipur HatiLara – Baper itu enak loh, anak kecil aja pada suka. Apalagi baper rasa coklat... wuih, gurih! Itu wafer biscuit mas, bukan baper. Ya ya ya... Meme baper ini juga bukan tentang plesetan kata baper (bawa perasaan) yang dikasih gambar kue wafer rasa ingin memiliki, rasa yang terpendam, rasa rindu yang mendalam, rasa hati yang terluka. Bukan! Gambar meme ala republik gondes ini murni buat pelipur lara hati.

Hmm... rasa rasanya pingin nimpukin yang posting deh...


Wait... rileks. Hati boleh memendam rasa sedih, kecewa, marah... Tapi jangan terlalu baper gitu dong. Bawa enjoy aja. Meme meme ini mungkin bisa mengungkapkan perasaan itu buat someone yang telah membuatmu galau.

Kekesalan yang diluapkan dengan cara kocak bisa jadi cara untuk melumerkan suasana hati. Contohnya adalah meme di atas. Kata kata humornya gini:

“ Pacaran di sosmed itu kayak acara ini talkshow
Ngundang bintang tamu Syahrini... yang keluar Nunung”

Meme ini terinspirasi dari acara INI TALKSHOW, acara komedi dengan host Sule, Andre dan didukung oleh Mang Sasmi, Nunung, Bolot, Yurike Prastika, Komeng, Adul dll. Dalam acara talkshow gokil tersebut pembawa acara sering mengundang bintang tamu artis top. Tapi saat dipanggil yang keluar justru Nunung, Andre atau Sule dengan dandanan serta gaya bicara dimiripkan si artis. Misalnya, Andre mengundang Rhoma Irama, eh... yang nongol si Sule berdandan ala bang haji. Lain waktu Sule memanggil bintang tamu Mario Teguh, yang nongol si Andre bergaya ala motivator super tersebut.

Meme ocak ini nggambarkan pacaran ala LDR. di mana kenalnya di grup fb, chatnya di WA, ngobrolnya di bigolive, nyanyi karaokean di smule, kalo kangen nyiumin fotonya di instagram... Begitu copy darat alias ketemu langsung, ternyata orangnya jauh dari bayangan. Ekspektasi kayak Syahrini... kenyataannya kayak Nunung Srimulat. OMG!!

Senin, 26 September 2016

Cerita Humor Lucu Lama Jadul



Cerita Humor Lucu LamaJadul – Halo para generasi jadul yang kini telah jadi tua-tua keladi. Yuk, bernostalgia dengan cerita cerita lucu lama yang pernah populer di era tahun 80-90an, waktu kita masih kecil/muda. Jaman dulu, kita sering mendengar cerita anekdot lucu kocak konyol dari teman saat bercanda. Karena diceritakan dari mulut ke mulut, sangat sulit menemukan siapa pengarang asli dari anekdot tersebut.

cerita lucu buat si tua tua keladi

Masa itu, media yang memuat kisah banyolan singkat hanyalah majalah atau buku kumpulan humor yang harganya lumayan mahal sehingga tak semua orang mampu membelinya. Tak seperti sekarang, cerita-cerita lawakan bertebaran di grup fb, whatsapp, line, bbm dll

Contohnya adalah beberapa cerita lucu jadul berikut ini. Saya lupa mendengar atau membacanya dari mana, soalnya sudah lama sekali, puluhan tahun silam. Yang jelas bukan karangan saya sendiri. Satu-satunya guyonan yang saya ingat siapa pengarangnya adalah tebak-tebakan lucu ala Lupus dengan perbahasa plesetan legendarisnya ini: “Fitnah itu lebih kejam daripada tidak menfitnah”

Mungkin kamu juga sudah pernah dengar sebelumnya dan ingin mengingatnya kembali? Siapa tahu dengan baca joke-joke kocak ini membuka memory indah saat ngumpul bercanda bareng teman-teman lama. Bikin reuni yuk... hehehe

Sebenarnya format anekdot lama sama yang sekarang itu tak jauh berbeda kok. Dari segi tema aja mungkin cerita lucu masa kekinian lebih luas dibanding masa jadul. Maklumlah, dulu teknologi tak secanggih saat ini. Hanya satu yang tak berubah, banyolan dewasa berbau parno selalu mendominasi. Nggak tahu kenapa. Padahal si Parno sendiri sekarang udah tua dan jarang mandi loh... Kok masih banyak yang suka ya? Heran...

Contoh cerita humor lama jadul dalam kategori berbau parno seperti berikut ini. Namun maaf sebelumnya, ini murni buat candaan aja tanpa maksud melecehkan siapapun:

Jumat, 23 September 2016

Cara Jadi Komika Yang Lucu



Tips Cara Jadi Komika Yang Lucu – Sebelum mengupas tips gimana cara jadi comic yang lucu en bikin penonton tertawa, bolehlah kita ketahui dulu: apa itu stand up comedy? Menurut wikipedia, pengertian dari stand up comedy adalah genre lawakan yang dibawakan secara tunggal di atas panggung dengan cara bermonolog alias ngomong sendiri

Itu bagian seriusnya. Selanjutnya, saya akan mengupas tentang stand up comedy ini menurut versi republik gondes. Tentu saja keabsahannya perlu dipertanyakan

komika / comic lucu

Menurut saya, secara harfiah, stand up comedy adalah komedi tetap berdiri. Artinya, selama ngebanyol, comic / komika tidak boleh duduk, jongkok, tidur atau guling-guling. Bahkan, seandainya pas di tengah-tengah acara tiba-tiba ada gempa bumi sekalipun, seorang komika harus tetap berdiri

Katanya, stand up komedian yang baik itu harus menguasai teknik-teknik serta aturan dalam stand up seperti:

Rabu, 21 September 2016

Guyonan Campur Aduk



Warung Guyon CampurAduk – Menu spesial: Guyonan dalam berita. Guyonan logat Betawi (Jakarte). Guyonan singkat ngajak nikah. Guyonan di kantor polisi. Rasa yang ditawarkan: Rasa ingin senyum, ketawa, ngakak. Campuran: meme koplak yang tak ada hubungannya dengan menu utama sama sekali. Efek samping: Samping kanan membuat bahagia. Samping kiri bikin guling guling. Garansi: Gagal ketawa... silahkan becanda sama tembok!


Eh, mas... promosi melulu. Mana guyonannya?

Maaf, maaf... silahkan dinikmati...

Guyonan Dalam Berita

Suami Pergi Hajatan, Istri Digoyang Teman Sendiri. Berita yang dilansir dari koran online lampu-merah-kuning-hijau(ngedot)com menyebutkan, kejadian ini terjadi saat Mukiyo (bukan nama sebenarnya) menghadiri hajatan tahlil di rumah tetangganya. Sedang Markonah, sang istri ditinggal sendirian di rumah. Mungkin karena capek, Markonah tertidur di ruang tamu.
 
Pada saat itulah, Gatot, teman Mukiyo datang bertamu. Melihat Markonah tidur di sofa dengan rok tersingkap, timbul hasrat dalam diri Gatot. Si tamupun menggoyang-goyang tubuh si tuan rumah sambil berkata: “Mbak, bangun mbak... Roknya dibenerin dulu, ntar masuk angin lho...”

(Hayo... udah berpikiran ngeres kan? Padahal Gatot berhasrat untuk ketemu ama Mukiyo doang kok. Gak ada niat yang aneh-aneh hahaha... Positive thinking broh...!!)

Sabtu, 17 September 2016

Kumpulan Humor Singkat Bahasa Jawa

gambar meme humor jowo paijo chat di whatsapp


Kumpulan Humor Singkat Bahasa Jawa – berisi beberapa anekdot dan percakapan lucu dalam bahasa Jawa. Tetap mengusung banyolan khas gaya republik gondes yang rada kasar, sekenanya dan maksa banget. Orang awam (apalagi wong bule) mungkin bakal mengernyitkan dahi plus bingung: ini humor letak lucunya di mana? Nah, disitulah lucunya. Udah tahu nggak lucu kok masih aja terus membaca hahaha...

Oh ya, beberapa anekdot ini tak semuanya baru. Ada beberapa humor lama dalam bahasa Indonesia yang udah diposting di republik gondes diterjemahkan ulang dalam boso Jowo. Tolong yang udah baca jangan protes ya. Selain itu antara materi lawakan sama gambar meme ilustrasinya tak sama bahasanya. Memenya pake bahasa Indonesia sedang anekdotnya nganggo boso Jowo. Rajelas kan?

Langsung aja kita ngakak bersama dalam humor singkat bahasa Jawa berikut ini:

Paijo Chat on WhatsApp

Paijo ngelu sirahe mergo Painem, pacare ngambek. Paijo banjur nyandak hape terus kirim pesen lewat aplikasi WA. Iki isine chat antarane Paijo karo Painem:

Rabu, 14 September 2016

DP Jowo Jawal 2016



DP Jowo Jawal 2016 – Kumpulan beberapa gambar meme bahasa Jawa buat dp bbm, whatsapps dll. Wong Jowo yang suka pasang dp nyeleneh boleh ngopy sepuasnya. Asal gak takut dibilang wong jawal (orang agak miring dikit) aja ya. Soalnya blog ini emang buat bacaan yang lagi kumat aja hahaha... Met ngakak ajalah brai....

singkatan bbm bolak balik mbandani

Kowe pengguna bbm? Hati-hati karena singkatan dari bbm itu “Bolak Balik Mbandani” alias perlu biaya mahal jika dipakai buat “gendakan” bin selingkuh.

Ngomong soal selingkuh di bbm, WA atau aplikasi chat lain, kamu juga mesti ekstra waspada. Jangan sampai terjadi kayak dp ini:

“Krungu suara mak klunthing!! Tak kira gendakanku ngeping. Tibake bojoku mbanting piring”

gedakan, bojo mbanting piring

Nah, lho...


Mending piringnya dibanting di lantai atau tembok. Nah, kalau dilempar di kepala? Moncrot ora ndasmu!!

Bagi yang suka ngeping atau private message orang tak dikenal, terutama cewek seksi yang gak jelas beneran bohay atau sekedar foto doang buat mancing hidung belang, hati-hati juga. Bisa jadi itu hanya modus buat morotin kamu. Pertama sekedar ngobrol lama-lama minta ditransfer pulsa atau bahkan duit!!