Cara Jadi Komika Yang Lucu



Tips Cara Jadi Komika Yang Lucu – Sebelum mengupas tips gimana cara jadi comic yang lucu en bikin penonton tertawa, bolehlah kita ketahui dulu: apa itu stand up comedy? Menurut wikipedia, pengertian dari stand up comedy adalah genre lawakan yang dibawakan secara tunggal di atas panggung dengan cara bermonolog alias ngomong sendiri

Itu bagian seriusnya. Selanjutnya, saya akan mengupas tentang stand up comedy ini menurut versi republik gondes. Tentu saja keabsahannya perlu dipertanyakan

komika / comic lucu

Menurut saya, secara harfiah, stand up comedy adalah komedi tetap berdiri. Artinya, selama ngebanyol, comic / komika tidak boleh duduk, jongkok, tidur atau guling-guling. Bahkan, seandainya pas di tengah-tengah acara tiba-tiba ada gempa bumi sekalipun, seorang komika harus tetap berdiri

Katanya, stand up komedian yang baik itu harus menguasai teknik-teknik serta aturan dalam stand up seperti:
 
Catch Phrase : ucapan yang diucapkan dengan gaya khusus dan menjadi ciri khas comic tersebut

Delivery : Cara seorang comic dalam melempar joke-jokenya

Act-Out : Gerakan tubuh atau mimik muka saat tampil

Angle : Pandangan mata komika terhadap suatu subjek

Timing : Pengaturan tempo, irama, jeda dan intonasi suara untuk meningkatan kelucuan sebuah joke

Hammocking : Teknik untuk menempatkan materi yang agak lemah diantara dua materi yang kuat

Persona : Karakter seorang komika

Masih banyak teknik dan istilah dalam stand up komedi seperti: storry telling, promise, puncline dll. Tapi saya orangnya paling malas mengikuti segala macam aturan yang sifatnya text book macam itu karena tak semuanya bisa dipraktekin. Tapi jika kamu pingin mempelajari lebih lanjut, bisa baca sumbernya langsung di sini: https://id.wikipedia.org/wiki/Pelawak_tunggal

Bagi saya, seorang komika itu tak harus pandai melucu. Yang penting mampu membuat penonton tertawa

Gimana cara membuat penonton tertawa?

Harus ada penontonnya!

Serius! Selucu apapun materinya, kalau tak ada yang menonton, tentu tak ada yang ketawa kan? Bener nggak?

Mungkin ada yang bertanya gini: Gimana bisa membuat orang tertawa - minimal tersenyum, jika tak pandai melawak?

Saya akan bercerita pengalaman pertama waktu pertama kali tampil open mic di depan penonton. Jauh jauh hari saya sudah latihan dan mempersiapkan materi stand up yang menurut saya paling lucu. Mulai dari promise sampai punchline saya siapkan secara matang biar tawa penonton pecah.

Tapi apa yang terjadi? Karena grogi, pas tampil saya banyak ngeblank. Ngomong jadi gak jelas, kayak orang kumur-kumur. Hasilnya? Penonton pada bubar

Saya sempat putus asa. Saya berpikir, mungkin saya emang gak berbakat jadi komika karena tak pandai berjoke ria di depan banyak orang. Maklumlah, selama ini saya terbiasa bercanda sendiri... ditemani tembok

Saya terpaksa harus kembali berstand up di depan banyak penonton karena sudah terlanjur teken kontrak dan panitia tak mau saya membatalkannya.

Saya makin grogi saat melangkah ke atas panggung karena trauma kegagalan penampilan pertama. Sumpah, saya gemeteran saat memegang mic. Keringat dingin bercucuran... lutut gemetaran... Mulut terkunci rapat. Bahkan kata salam pembukapun tak mampu keluar dari bibir. Benar-benar mati gaya deh...

Tapi yang terjadi malah di luar dugaan

Seluruh penonton tertawa riuh rendah. Bahkan ada yang sampai salto segala saking gak kuat nahan tawa melihat penampilan saya

Melihat animo penonton begitu antusias, grogi sayapun hilang. Saat itulah saya baru menyadari, ada kehangatan yang menjalar di kaki saya

Ternyata... saya pipis di celana

Dari pengalaman itulah saya berani menyimpulkan kalau untuk menjadi stand up komedian itu tak harus pandai melucu. Yang penting pandai membuat penonton tertawa

Buktikan kalau tak percaya!

Jika kamu sudah coba jurus ngompol tadi dan ternyata malah dilempar kursi oleh penonton, tenang aja. Saya masih ada tips agar penonton ketawa ngakak tanpa harus melucu.

Kasih aja seluruh penonton uang 10 jutaan perorang... pasti mereka semua pada ketawa

Saya yakin, tips Cara Komika Membuat Penonton Tertawa ini tak banyak membantu kamu untuk jadi comic yang baik. Tapi percayalah, kamu akan bisa jadi komika yang baik jika banyak bermunculan komika yang tidak baik. Dan kalo kamu ingin baca naskah stand up comedy lainnya di blog ini (yang tentu saja tidak baik) silahkan klik ini: Stand Up Comedy

1 komentar:

  1. wah wahhhh. makasih ka articlenya
    mampir ke UIN Walisongo yuk. banyak informasi menarik didalamnya seputar pendidikan walisongo.ac.id

    BalasHapus

Tolong jangan mengcopy paste isi humor di blog ini ya, kecuali gambar. Kalau gambar / meme silahkan dicomot sepuasnya asal tidak menghilangkan caption (tulisan republikGondes). Pelanggaran akan dilaporkan pada pak camat!